20 Tips Membuat Taman Depan Rumah Agar Terlihat Cantik

28 December 2023

tips membuat taman depan rumah

Sebagai salah satu tempat yang terletak di bagian paling depan rumah, tentu Sobat Honda harus mengetahui tips membuat taman depan rumah agar terlihat cantik serta agar dapat menjadi salah satu tempat yang enak digunakan untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk bersantai, taman depan rumah juga memiliki fungsi untuk mengurangi polusi udara, memberikan udara yang sejuk di sekitar area rumah, mengurangi stres, hingga dapat meningkatkan suasana hati Sobat Honda menjadi lebih baik. 

Dalam artikel kali ini, kami akan membantu Sobat Honda untuk mengetahui apa saja tips membuat taman depan rumah agar dapat terlihat cantik, rapi dan dapat digunakan secara maksimal. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak penjelasan pada artikel di bawah ini sampai tuntas ya!

Fungsi Membuat Taman Depan Rumah

Seperti yang sudah disinggung pada penjelasan di atas, taman depan rumah menghadirkan banyak fungsi kepada penghuni rumah. Tidak hanya berfungsi sebagai salah satu tempat untuk berkumpul dan bermain bersama keluarga, taman depan rumah juga memiliki banyak fungsi yang menarik bagi para penghuni rumah, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

Baca Juga: 13 Tips Menata Taman Depan Rumah dengan Mudah

1. Sebagai Tempat untuk Melepas Penat

Melakukan rutinitas sehari-hari, seperti melakukan pekerjaan rumah dan pekerjaan kantor tentu seringkali membuat Sobat Honda merasa stres dan penat, yang dapat menyebabkan suasana hati menjadi tidak menyenangkan. 

Keberadaan taman di depan rumah dapat menjadi salah satu solusi bagi Sobat Honda untuk melepaskan penat dari kegiatan rutinitas yang dimiliki.

2. Memberikan Suasana yang Sejuk pada Rumah

Kehadiran taman di depan rumah juga dapat berfungsi sebagai pemasok oksigen di rumah. Jika Sobat Honda tinggal di kota-kota yang besar dengan tingkat polusi yang tinggi, maka memiliki taman di depan rumah dapat menjadi solusi yang sangat cermat.

Karena, sebagai pemasok oksigen, tanaman-tanaman hidup yang Sobat Honda tanam di halaman rumah juga dapat memberikan suasana rumah yang lebih segar serta lingkungan rumah yang terasa lebih asri.

3. Sebagai Media untuk Edukasi Si Kecil

Jika Sobat Honda memiliki anak kecil, maka bisa memanfaatkan taman depan rumah sebagai salah satu sarana edukasi mereka. Dalam hal ini, Sobat Honda dapat menanamkan serta mengajarkan rasa cinta terhadap alam kepada si kecil.

Selain itu, Sobat Honda juga dapat mengajari si kecil untuk melakukan kegiatan bercocok tanam, agar anak-anak dapat lebih menghargai tanaman dan alam yang ada di sekitarnya.

4. Berguna untuk Area Resapan Air

Memiliki area taman di depan rumah juga dapat berfungsi untuk area resapan air dengan skala yang kecil, sehingga dapat mengurangi resiko banjir di sekitar rumah. Jika Sobat Honda memiliki halaman taman yang luas, maka hal ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber cadangan air. 

5. Sebagai Tempat untuk Menyalurkan Hobi

Taman di depan rumah juga berfungsi sebagai salah satu tempat yang cocok untuk menyalurkan hobi yang Sobat Honda miliki, terlebih jika hobi tersebut adalah bercocok tanam. Melakukan kegiatan ini dinilai dapat membantu Sobat Honda untuk mengurangi stres yang berlebih serta untuk mengisi waktu luang agar menjadi lebih produktif. 

6. Untuk Meredam Kebisingan

Ketika akhir pekan tiba, tentu Sobat Honda ingin menghabisi waktu untuk beristirahat dengan tenang. Namun, terkadang waktu istirahat Sobat Honda terganggu dengan suara-suara yang terdapat di luar rumah, salah satunya adalah suara dari kendaraan yang berlalu lalang. 

Membuat taman di depan rumah ternyata dapat berfungsi untuk meredam kebisingan yang terdapat di luar rumah. Adapun beberapa jenis tanaman yang bisa Sobat Honda tanam dengan tujuan untuk meredam kebisingan, antara lain seperti bunga soka, imodia, serta puring telur. 

20 Tips Membuat Taman Depan Rumah Agar Terlihat Cantik

Membuat taman depan rumah terkadang menjadi salah satu kegiatan yang cukup memakan banyak waktu, tenaga, dan anggaran. Tetapi, Sobat Honda juga bisa membuat taman depan rumah sendiri secara sederhana agar tetap terlihat cantik dan elegan.

Berikut ini adalah beberapa tips membuat taman depan yang dapat Sobat Honda lakukan pada rumah hunian yang Sobat Honda miliki.

Baca Juga: 10 Ide Desain Landscape Taman Serta Cara Membuatnya

1.Menganalisis Kemampuan yang Sobat Honda Miliki

Tips membuat taman depan rumah yang pertama adalah dengan menganalisis kemampuan yang Sobat Honda miliki terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan alasan karena tidak semua orang yang hobi bercocok tanam memiliki kemampuan dalam membangun taman di depan rumah.

Maka dari itu, sebelum membuat taman depan rumah, ada baiknya jika Sobat Honda mencari terlebih dahulu pengetahuan dasar dalam membuat taman, contohnya seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

2. Menghitung Luas Lahan yang Tersedia

Sebelum memulai pembuatan taman di depan rumah, Sobat Honda perlu melakukan penghitungan terhadap luas lahan yang tersedia terlebih dahulu. Langkah satu ini dinilai penting untuk Sobat Honda lakukan agar taman yang akan dibuat nantinya bisa sesuai dengan luas lahan yang tersedia.

3. Menentukan Konsep

Selanjutnya, Sobat Honda bisa mulai menentukan konsep taman yang diinginkan. Dalam menentukan konsep, Sobat Honda juga harus bisa menyesuaikan konsep taman dengan tema keseluruhan rumah. Hal ini dilakukan agar dapat menyeimbangkan konsep rumah dengan taman depan rumah. 

4. Menyiapkan Denah Kasar Taman

Sebelum memulai proses pembangunan taman, ada baiknya jika Sobat Honda membuat denah kasar taman serta tata letak elemennya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar mendapatkan gambaran dari desain yang diinginkan serta untuk mengurangi terjadinya kesalahan dalam proses pembangunan. 

5. Memastikan Ketersediaan Pasokan Air 

Ketika membuat taman depan rumah, Sobat Honda juga harus memastikan ketersediaan pasokan air. Hal ini dilakukan agar bisa menyesuaikan pasokan ketersediaan air dengan jumlah tanaman yang dimiliki. 

6. Membuat Saluran Air

Membuat saluran air juga penting untuk Sobat Honda lakukan ketika membuat taman depan rumah, karena saluran air akan berfungsi untuk mengatur kelebihan dari air hujan agar tidak menggenang di halaman taman.

7. Mengenali dan Memilih Jenis tanaman

Mengenali dan memilih jenis tanaman juga menjadi tips yang penting dalam membuat taman di depan rumah, karena pemilihan jenis tanaman dapat menjadi representasi dari cita rasa dan selera pemilik rumah. Untuk itu, Sobat Honda bisa mengenali dan memilih jenis tanaman yang diinginkan terlebih dahulu.

8. Menyiapkan Media Tanam

Setelah menentukan jenis tanaman, maka langkah selanjutnya yang harus Sobat Honda lakukan adalah dengan menyiapkan media tanam yang terdiri dari kompos, tanah, serta arang sekam atau sabut kelapa. Dalam menyiapkan media tanam sendiri, Sobat Honda harus bisa menyesuaikan dengan jenis tanah yang akan digunakan nantinya. 

9. Sterilisasi Media Tanam

Setelah menyiapkan media tanam, maka langkah selanjutnya yang harus Sobat Honda lakukan adalah dengan sterilisasi media tanam. Melakukan sterilisasi media tanam sendiri merupakan langkah yang penting karena dapat meminimalisir taman depan rumah Sobat Honda untuk memiliki hama dan menimbulkan penyakit yang bisa menyebabkan tanaman menjadi mati.

10. Membuat Campuran Media Tanam yang Seimbang

Jika Sobat Honda sudah menyiapkan dan sterilisasi media tanam, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan membuat campuran media tanam dengan perbandingan tertentu, di antaranya adalah perbandingan antara tanah, kompos, dan arang sekar dengan skala perbandingan 2:1:1 dan 1:1:1.

11. Bersih-bersih Sebelum Memulai

Membuat taman depan rumah tidak akan luput dari kegiatan pembersihan secara total di area sekitar lahan yang akan dibuat taman. Hal ini dilakukan agar Sobat Honda dapat memaksimalkan luas lahan yang sebelumnya tertutup oleh barang-barang yang sebenarnya tidak berguna. 

12. Menyiapkan Bahan dan Alat untuk Membuat Taman

Melakukan proses pembuatan taman tanpa alat bantuan tentu akan memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Maka dari itu, sebelum memulai proses pembuatan taman depan rumah, Sobat Honda harus menyiapkan seluruh bahan dan alat yang akan digunakan dalam proses pembuatan taman.

13. Menghitung dan Menyediakan Anggaran yang Dibutuhkan

Melakukan perhitungan terhadap anggaran yang dibutuhkan selama proses pembuatan taman juga menjadi salah satu tips membuat taman depan rumah yang cukup penting. Hal ini bertujuan agar Sobat Honda tidak mengeluarkan anggaran yang berlebih saat proses pembuatan taman sudah berlangsung.

14. Membuat Target dan Waktu yang Jelas

Jika rencana proses pembuatan taman depan rumah sudah matang secara keseluruhan, maka saatnya Sobat Honda membuat target dan waktu pengerjaan yang jelas dan realistis. Dalam melakukan langkah ini, Sobat Honda bisa membuat rencana jangka pendek yang bisa diselesaikan secara satu persatu.

15. Memulai dari Bagian Depan

Agar taman depan rumah tidak terlihat berantakan, maka Sobat Honda bisa membuat dan menjalankan target perencanaan dengan melakukan proses pembuatan taman depan rumah dari sisi depan yang paling dekat dengan pintu masuk atau pagar halaman terlebih dahulu. 

16. Jangan Terburu-buru dan Impulsif

Pembuatan taman depan rumah akan membutuhkan banyak kesabaran dan ketelatenan dalam mengikuti rencana yang sudah dibuat. Maka dari itu, Sobat Honda harus bisa menghindari sifat terburu-buru dan melakukan pembelian secara impulsif pada dekorasi taman yang tidak direncanakan.

17. Fokus pada Budget, Waktu, dan Target 

Tips membuat taman depan rumah selanjutnya adalah dengan fokus pada budget, waktu, dan target yang sudah Sobat Honda tentukan. Hal ini berguna agar bisa mengingat tujuan awal dalam membuat taman depan rumah. Jangan sampai Sobat Honda melakukan proses pembuatan taman depan rumah dengan target waktu lama yang hanya menghabiskan waktu serta biaya anggaran. 

18. Memaksimalkan Kualitas Tanah

Perlu Sobat Honda ketahui, bahwa tidak semua tanah dapat bekerja secara maksimal untuk dipakai pada kegiatan menanam. Dalam membuat taman di depan rumah, Sobat Honda bisa menambah nutrisi atau unsur hara pada tanah dengan memanfaatkan pupuk organik berupa sisa buah, daun yang membusuk, ataupun kotoran hewan.  

19. Memberikan Dekorasi Pelengkap

Jika Sobat Honda sudah selesai membuat taman depan rumah, maka Sobat Honda bisa mempercantik taman dengan memberikan dekorasi pelengkap seperti lampu taman, kursi, maupun dekorasi lainnya yang sesuai dengan tema taman yang diinginkan. 

20. Konsultasi dengan Ahlinya

Jika Sobat Honda memiliki kendala dalam proses membuat taman di depan rumah, maka bisa langsung berkonsultasi dengan seseorang yang memang ahli dibidangnya. Hal ini dilakukan agar Sobat Honda dapat memaksimalkan taman depan rumah yang akan dibuat nantinya.

Baca Juga: 6 Ide Menata Taman Kecil Depan Rumah Untuk Lahan Sempit

Itulah informasi mengenai beberapa tips dalam membuat taman depan rumah yang dapat Sobat Honda ketahui. Melakukan tips membuat taman depan rumah di atas akan semakin mudah jika Sobat Honda menggunakan beberapa mesin yang berkualitas, salah satunya seperti mesin potong rumput dari Honda Power yang dapat digunakan untuk merawat halaman taman depan rumah. 

Mesin potong rumput dari Honda Power dapat memberikan banyak kemudahan kepada Sobat Honda, di antaranya seperti dapat membantu untuk mempercepat proses pemotongan rumput liar yang tumbuh. Sehingga taman di depan rumah Sobat Honda akan terlihat semakin cantik dan rapi. 

Untuk mendapatkan mesin potong rumput, Sobat Honda bisa langsung mendapatkannya di Honda Power Products sekarang juga!

Honda Power Products Indonesia

Honda Power Products menyediakan mesin serbaguna, generator, pemotong rumput, pemotong sikat, pompa air, dan mesin tempel.

Artikel Terkait

l.carousel.min.js">--> rap.min.js">-->