12 Cara Membuat Taman Belakang Rumah yang Sederhana dengan Mudah

28 December 2023

cara membuat taman belakang rumah

Memiliki taman belakang rumah yang asri dan sederhana mungkin menjadi salah satu impian Sobat Honda. Pemanfaatan lahan belakang rumah sebagai taman bisa menjadi sarana rekreasi yang efisien dan mudah. Memadukan elemen alam, keanekaragaman tanaman, dan desain yang kreatif, taman belakang bisa diubah menjadi area bersantai yang sempurna. 

Dalam artikel ini, Honda Power akan mengulas berbagai cara yang dapat Sobat Honda terapkan untuk membuat taman belakang rumah yang indah dan menginspirasi. Jadi, bagi Sobat Honda yang sedang merencanakan desain rumah dengan taman di belakang rumah, pastikan untuk membaca informasi berikut ini hingga akhir.

12 Cara Membuat Taman Belakang Rumah yang Sederhana dengan Mudah 

12 Cara Membuat Taman Belakang Rumah yang Sederhana dengan Mudah 

Dalam pembuatan taman belakang rumah yang sederhana dan mudah tentunya Sobat Honda perlu mempersiapkan beberapa hal agar tampak menawan dan bisa menjadi tempat bersantai yang nyaman bersama keluarga. Berikut ini merupakan cara membuat taman belakang rumah yang sederhana yang perlu Sobat Honda ketahui: 

Baca Juga: 7 Ide Desain Taman Minimalis yang Mudah Ditiru

1. Perencanaan 

Sebelum melakukan pembangunan taman belakang Sobat Honda perlu membuat perencanaan yang matang, baik ukuran lahan untuk taman belakang hingga bentuk atau desain taman belakang yang diinginkan.

Dalam perencanaan ini Sobat Honda juga perlu memperhatikan beberapa faktor seperti kesediaan ruang yang akan dirancang sebagai taman belakang, desain atau gaya taman belakang yang diinginkan dengan membuat gambaran sketsa, jenis tanah pada taman, iklim, intensitas paparan sinar matahari, dan juga perencanaan tanaman yang akan digunakan yang disesuaikan dengan kondisi lahan atau lingkungan Sobat Honda. 

2. Penataan Ruang 

Penataan ruang juga menjadi tahapan dalam membuat taman belakang yang sederhana dan mudah. Dalam penataan ruang Sobat Honda dapat menggunakan perspektif atau kesan yang dapat dilihat oleh mata saat melihat sesuatu di taman. 

Contoh dalam penataan ruang yaitu seperti memposisikan tanaman maupun bunga kecil di tempat yang sedikit lebih jauh. Sedangkan untuk tanaman yang memiliki warna-warna yang mencolok dan cerah bisa Sobat Honda posisikan di tempat yang mudah terlihat oleh mata. Selain itu, dalam penataan ruang tentukan juga area-area yang akan digunakan untuk ruang duduk, ruang rekreasi dan juga ruang berkebun.  

3. Pemilihan Tanaman 

Sobat Honda bisa memilih atau menentukan jenis tanaman yang tepat untuk taman belakang rumah. Dalam pemilihan tanaman tentunya disesuaikan juga dengan lahan yang tersedia dan gaya atau desain taman yang diinginkan. Jika Sobat Honda memiliki lahan belakang rumah yang kecil, hindari penggunaan tanaman dengan ukuran yang besar. Hal ini akan membuat space ruang pada taman belakang tampak semakin kecil dan gelap. 

4. Penataan Hardscape 

Di sisi lain, penataan hardscape juga bisa menjadi penyeimbang tampilan taman belakang. Penambahan unsur-unsur keras seperti kayu, batu-batuan dapat memunculkan karakter atau ciri khas dari taman itu sendiri. Penggunaan batu atau bata dapat dimaksimalkan dengan membuat jalan atau area teras pada taman. 

5. Pencahayaan 

Pencahayaan pada taman belakang juga perlu diperhatikan. Pemasangan lampu pada taman belakang dapat memberikan kesan pencahayaan yang indah terutama pada malam hari. Sobat Honda dapat memfokuskan pencahayaan pada beberapa spot yang ingin Sobat Honda soroti seperti elemen air (air mancur), eemen patung, ataupun tanaman tertentu. 

6. Perawatan dan Irigasi 

Perawatan dan sistem irigasi pada taman belakang juga perlu dipertimbangkan dalam membuat taman belakang rumah. Lakukanlah perawatan taman secara rutin dan teratur. Hal ini meliputi penyiraman, pemupukkan dan rutin merapikan atau memangkas secara tepat. Sobat Honda juga bisa mempertimbangkan penggunaan sistem irigasi otomatis untuk memudahkan proses perawatan taman sehingga tanaman pada taman mendapatkan supply air yang cukup. 

7. Hiasan dan Dekorasi 

Dalam membuat taman belakang rumah, penggunaan  hiasan dan dekorasi taman dapat  menambah nilai estetika pada taman. Sobat Honda bisa menambahkan beberapa hiasan seperti guci, patung, batuan alam untuk memberi kesan estetik pada taman. Pemilihan furniture dan aksesoris outdoor yang disesuaikan dengan gaya atau desain yang diinginkan juga bisa mempercantik tampilan taman. 

8. Pilih Opsi Media Tanam 

Ingin membuat  taman belakang namun tidak memiliki halaman belakang rumah yang luas? Cara ini bisa menjadi solusi dalam membuat taman belakang yang sederhana dengan mudah. Pemilihan media tanam yang sesuai dengan kondisi halaman belakang rumah Sobat Honda. 

Ada beberapa tanaman yang sebetulnya tidak harus ditanam pada media tanam yang luas. Sobat Honda bisa mengubah media tanamnya dengan menggunakan pot-pot kecil yang diletakkan di lantai atau di gantung. 

Selain itu, pemanfaatan bidang secara vertikal sebagai media tanam juga bisa menjadi alternatif yang cocok untuk lahan yang terbatas. Memilih tanaman merambat yang diletakkan pada dinding juga bisa Sobat Honda lakukan untuk mempercantik taman.

9. Atur Kombinasi Warna Taman Belakang dengan Baik  

Agar membuat taman belakang rumah yang menarik dan tidak membosankan, Sobat Honda bisa mengkombinasikan beberapa tanaman dengan beraneka ragam warna. Tidak hanya tanaman berbunga saja yang memiliki ragam warna, namun banyak juga tanaman yang daunnya memiliki beraneka ragam warna.  Selain itu, Sobat Honda juga dapat menghias pot tanaman menjadi lebih berwarna. 

10. Perhatikan Drainase atau Saluran Air 

Ketika Sobat Honda merencanakan taman belakang yang indah, salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh adalah drainase atau saluran air. Memiliki sistem drainase yang baik sangat penting untuk menghindari genangan air atau banjir yang bisa merusak taman. 

Perhatikanlah dengan seksama topografi taman belakang, cek bagaimana air mengalir dan di mana kemungkinan genangan air terjadi saat hujan. Dengan memahami karakteristik alaminya, Sobat Honda akan dapat merencanakan dengan lebih baik.

Selanjutnya, buatlah perencanaan yang matang untuk saluran air. Sobat Honda dapat memilih apakah ingin menggunakan saluran terbuka yang terlihat atau saluran tersembunyi yang tertanam di bawah permukaan tanah. Sesuaikan pilihan Sobat Honda dengan kebutuhan dan estetika taman.

11. Utamakan Kenyamanan  

Dalam membuat taman belakang rumah tentunya juga harus memperhatikan kenyamanannya. Untuk menciptakan suasana nyaman dan asri pada taman belakang, Sobat Honda bisa menambahkan kolam ikan di belakang rumah dan dikombinasikan dengan kursi taman yang nyaman atau area bersantai  hingga area bermain anak. Kolam ikan ataupun area bersantai ini bisa menjadi focal point  dan memberikan karakter pada taman belakang. 

12. Menata Taman dengan Tanaman Sayur 

Bagi Sobat Honda yang memiliki kesadaran untuk hidup sehat, ini menjadi solusi atau cara membuat taman belakang yang cocok yaitu dengan menanam tanaman sayur. Taman belakang rumah tidak harus diisi dengan tanaman bunga, akan tetapi Sobat Honda juga bisa mengisi taman belakang dengan berbagai jenis tanaman sayur. 

Selain itu, menanam sayur sendiri cenderung lebih sehat karena tidak perlu khawatir adanya zat kimia atau pestisida pada sayur yang Sobat Honda tanam. Beberapa cara dalam menanam sayur pada taman belakang yaitu seperti microgreen, hidroponik, ataupun menggunakan pot kecil biasa.

Itulah beberapa cara membuat taman belakang rumah yang sederhana dan mudah untuk melengkapi rumah Sobat Honda. Temukan juga berbagai referensi desain taman belakang sesuai dengan keinginan atau impian terlebih dahulu sebelum mulai menatanya. 

Hal terpenting dalam membuat taman belakang rumah adalah ketersediaan lahan dan pemanfaatan lahan secara optimal. Jika Sobat Honda masih ragu atau memerlukan rekomendasi untuk pembuatan taman, dapat dikonsultasikan dengan tenaga yang lebih ahli di bidangnya. 

Selain itu, bagian yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan ketika Sobat Honda akan membuat taman belakang rumah adalah peralatan berkebun yang mumpuni agar taman selalu terawat, bersih, dan rapi. Kualitas peralatan berkebun ini akan sangat menentukan bagaimana tampilan taman belakang rumah nantinya.

Baca Juga: 20 Tips Membuat Taman Depan Rumah Agar Terlihat Cantik

Oleh karenanya, jika Sobat Honda ingin mengoptimalkan taman belakang rumah dengan memastikan rumput tetap terjaga dengan rapi, jangan ragu untuk memilih mesin pemotong rumput dari Honda Power

Memiliki kualitas yang terkenal dan teknologi terkini, produk-produk Honda Power menawarkan solusi andal untuk kebutuhan pemotongan rumput yang efisien. Jadi, Sobat Honda bisa memotong rumput dengan cepat tetapi dengan hasil yang tetap rapi dan tampak bersih. 

Tak ada yang perlu diragukan lagi, temukan mesin pemotong rumput terbaik dan tepercaya sesuai dengan kebutuhan Sobat Honda hanya di Honda Power Product

Honda Power Products Indonesia

Honda Power Products menyediakan mesin serbaguna, generator, pemotong rumput, pemotong sikat, pompa air, dan mesin tempel.

Artikel Terkait

l.carousel.min.js">--> rap.min.js">-->