7 Ide Desain Taman Minimalis yang Mudah Ditiru

28 December 2023

desain taman minimalis

Dalam mendesain rumah impian, penting untuk merencanakan bagaimana Sobat Honda akan menata taman pada area yang tersedia. Pasalnya keberadaan taman sangat penting untuk memberikan kesan asri dan tampilan estetis bagi rumah. Supaya Sobat Honda punya gambaran, Honda Power Products telah menyediakan beberapa desain taman minimalis yang bisa dijadikan inspirasi.

Namun Sobat Honda tidak boleh hanya terpaku pada desain tamannya saja. Pikirkan juga berbagai peralatan untuk merawat taman yang akan Sobat Honda buat, seperti selang air bertekanan tinggi, sekop, cangkul, dan mesin potong rumput gendong. 

Pastikan Sobat Honda membeli peralatan berkualitas supaya bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Kalau Sobat Honda butuh rekomendasi mesin potong rumput terbaik, cobalah kunjungi Honda Power Products untuk mendapatkan spesifikasi yang dibutuhkan. 

Selagi Sobat Honda mengunjungi website Honda Power Products, mari lanjutkan pembahasan mengenai desain taman minimalisnya di bawah ini! 

Apa Itu Taman Minimalis?

Taman minimalis mengacu kepada konsep desain taman yang menekankan kesederhanaan dan kebersihan. Dalam desain taman ini, penggunaan elemen-elemen yang terbatas dan pola geometris yang tegas menciptakan tampilan yang teratur, juga elegan. 

Baca Juga:15 Desain Halaman Rumah Minimalis

Pada dasarnya taman minimalis tidak memiliki banyak dekorasi atau detail yang rumit, melainkan fokus pada garis-garis yang jelas dan penempatan setiap tanaman secara teratur. Ciri khas taman minimalis meliputi penggunaan warna netral atau palet warna terbatas, penggunaan bahan alami, serta penekanan pada fungsionalitas. 

Garis-garis yang tegas dan pola geometris sering digunakan untuk membentuk jalan setapak atau area yang terpisah di dalam taman sehingga siapa saja bisa dengan mudah melihatnya. Taman minimalis juga dapat menggabungkan elemen air, seperti kolam kecil atau air mancur, yang memberikan sentuhan yang menenangkan dan alami.

Melalui pendekatan minimalis maka taman ini menciptakan ruang terbuka yang lapang dan menenangkan. Sobat Honda juga bisa merasakan keteraturan dan ketenangan ketika memandangnya pada pagi maupun sore hari. 

Kelebihan desain taman minimalis berada pada kemudahannya dalam melakukan perawatan karena sengaja menggunakan tanaman yang tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan. Ketika Sobat Honda memadukan kesederhanaan, kebersihan, dan keindahan maka taman minimalis dapat menjadi pilihan yang sempurna bagi siapa saja yang mencari desain taman elegan dan mudah dibuat.

Karakteristik atau Ciri Khas Taman Minimalis

Karakteristik atau Ciri Khas Taman Minimalis

Membuat taman minimalis sejatinya memang tidak rumit. Dalam taman ini hanya ada 5 aspek yang paling penting ditonjolkan agar taman minimalis tersebut bisa dirasakan kehadirannya oleh seluruh anggota keluarga. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Baca Juga: 20 Tips Membuat Taman Depan Rumah Agar Terlihat Cantik

1. Simplicity (Kesederhanaan)

Salah satu ciri khas utama taman minimalis adalah kesederhanaan dalam desainnya. Taman minimalis memberikan penekanan pada keanggunan dan ketertiban yang dihasilkan dari penggunaan elemen-elemen sederhana. Tanaman, hardscape, dan elemen dekoratif lainnya perlu dipilih dengan cermat untuk menciptakan tampilan yang bersih serta terorganisasi.

2. Clean Lines (Garis-garis Bersih)

Garis-garis bersih dan tegas juga pasti terlihat dalam taman minimalis. Biasanya garis-garis tersebut dibuat dengan batu atau papan beton sehingga terlihat perbedaan area yang membatasinya. Keberadaan garis-garis sangat penting sehingga desain tanaman yang ditata terlihat rapi dan enak dipandang mata. 

3. Limited Color Palette (Palet Warna Terbatas)

Taman minimalis umumnya hanya menggunakan beberapa palet warna saja yang seringkali didominasi oleh warna netral seperti putih, abu-abu, atau hitam. Warna-warna ini memberikan kesan yang tenang dan elegan pada taman. 

Dalam beberapa kasus, warna-warna cerah atau aksen warna tertentu bisa juga digunakan untuk memberikan sentuhan yang menyegarkan dan kontras.

4. Functional Spaces (Ruang yang Fungsional)

Seperti namanya, taman minimalis juga dirancang untuk memiliki ruang yang fungsional dan berguna. Area duduk, jalur setapak, dan zona lainnya didesain dengan perencanaan yang matang agar dapat digunakan secara maksimal. 

Ruang tersebut dibuat agar orang yang tinggal dalam rumah tersebut bisa aktivitas bebas seperti bersantai, makan, atau mengadakan pertemuan dengan keluarga dan teman-teman. Fungsionalitas merupakan faktor penting dalam desain taman minimalis yang memastikan bahwa setiap bagian taman memiliki tujuan serta kegunaan yang jelas.

5. Minimalistic Plant Selection (Pemilihan Tanaman yang Minimalis)

Tanaman yang dipilih dalam desain taman minimalis juga mengikuti prinsip kesederhanaan. Pohon-pohon kecil, semak rendah, atau tanaman hias dengan bentuk dan struktur yang sederhana sering menjadi pilihan yang umum. 

Tentunya Sobat Honda bisa memilih tanaman apa saja, tetapi dianjurkan untuk memilih jenis yang tidak membutuhkan banyak perawatan. Hal ini dilakukan supaya memudahkan Sobat Honda ketika memeliharanya sehingga tanaman dapat tetap hidup serta bertumbuh dalam berbagai keadaan cuaca.

Contoh Desain Taman Minimalis yang Mudah Ditiru

Contoh Desain Taman Minimalis yang Mudah Ditiru

Kalau Sobat Honda masih bingung bagaimana mendesain taman minimalis yang enak dipandang tetapi tetap memberikan kesegaran dalam rumah, Honda Power Products telah mengumpulkan beberapa contoh yang bisa dijadikan inspirasi. 

Tentunya Sobat Honda bisa mengombinasikan berbagai contoh sekaligus untuk membuat taman minimalis sendiri sesuai preferensi. Langsung saja lihat beberapa desainnya di bawah ini! 

1. Taman Batu dan Tanaman Rendah

Desain taman ini menggunakan batu alam sebagai elemen utama yang dikombinasikan dengan tanaman rendah yang ditempatkan secara teratur di sekitarnya. Susun batu-batu besar sebagai bagian dari struktur taman, sementara tanaman rendah seperti rumput hias atau semak, disusun dengan pola teratur di sekitarnya. Kombinasi batu dan tanaman rendah menciptakan tampilan minimalis yang menarik sekaligus mudah dipelihara.

Pilih tanaman dengan daun hijau lebat atau tanaman hias berbunga untuk memberikan sentuhan warna dan kehidupan pada taman vertikal. Menggunakan desain seperti ini tidak hanya menghemat ruang, tetapi juga menciptakan tampilan yang unik sekaligus modern.

2. Taman Air dengan Batu dan Tanaman Air

Taman air minimalis dapat menjadi tambahan menarik untuk ruang outdoor Sobat Honda. Buatlah kolam kecil dengan batu sebagai tepiannya. Tambahkan juga tanaman air seperti teratai atau eceng gondok untuk memberikan sentuhan alami pada taman air. 

Pastikan Sobat Honda menjaga tampilan yang sederhana dan teratur dengan menempatkan batu-batu pada jarak yang tepat di sekitar kolam. Suara air mengalir dan kehadiran tanaman air pasti akan menciptakan atmosfer berbeda yang memberikan ketenangan.

3. Taman dengan Hiasan Air dan Batu Kerikil

Sobat Honda bisa menciptakan taman minimalis yang menenangkan dengan menambahkan elemen hiasan air dan batu kerikil. Mulailah dengan membuat kolam kecil dengan air mengalir di tengah taman. 

Kemudian tambahkan batu kerikil di sekitar kolam dan di sepanjang jalur setapak untuk memberikan sentuhan alami. Tidak perlu menggunakan air dalam jumlah besar, kolam berukuran kecil saja sudah cukup untuk memberikan perbedaan yang luar biasa pada area taman dan rumah Sobat Honda.

4. Taman Teras dengan Tanaman Pot dan Pencahayaan

Manfaatkan ruang teras Sobat Honda untuk menciptakan taman minimalis yang menarik. Tempatkan tanaman pot dengan desain minimalis di sekitar teras dan tambahkan pencahayaan yang lembut untuk menciptakan efek dramatis pada malam hari. 

Untuk menciptakan suasana tersebut, Sobat Honda perlu memilih lampu taman dengan desain sederhana untuk mencocokkan gaya minimalis. Taman teras ini memberikan ruang outdoor yang indah untuk bersantai dan menikmati suasana yang tenang.

5. Taman dengan Pola Geometris

Membuat taman minimalis dengan pola geometris yang menarik juga bisa dijadikan salah satu inspirasi. Sobat Honda bisa menggunakan batu untuk membentuk pola garis lurus atau persegi yang jelas dan tegas. 

Kemudian tempatkan tanaman atau rumput di dalam pola ini untuk menciptakan kontras yang menarik antara bentuk geometris dan elemen alam. Pola geometris dapat memberikan tampilan yang teratur dan modern pada taman minimalis Sobat Honda.

6. Taman Beranda dengan Pot dan Rak Gantung

Jika Sobat Honda memiliki beranda atau balkon, coba manfaatkan ruang tersebut untuk membuat taman minimalis. Gunakan pot dengan desain minimalis dan letakkan di beranda atau gantungkan di rak yang ditempatkan di dinding atau pagar. 

Lalu pilih tanaman yang cocok untuk tumbuh di dalam pot dan susun semuanya dengan pola yang teratur. Taman beranda ini akan memberikan suasana segar dan menghijau pada area outdoor terbatas.

7. Taman dengan Ruang Diam dan Pencahayaan Tepat

Tidak ada salahnya menciptakan ruang diam dalam taman minimalis Sobat Honda dengan menggunakan elemen seperti batu besar atau patung sebagai fokus utama. Letakkan pencahayaan yang tepat untuk memperjelas elemen ini pada malam hari. 

Sebenarnya Sobat Honda juga bisa menggunakan kaca besar untuk menghubungkan ruangan dengan taman sehingga ketenangan bisa dirasakan hingga ke dalam. Cahaya sinar matahari pun dapat masuk ke rumah sehingga ada kesegaran serta sirkulasi yang baik di dalam ruangan.

Memiliki taman minimalis akan memberikan banyak manfaat pada kehidupan Sobat Honda dan keluarga. Mulai dari interior yang menarik dan segar hingga kegunaannya dalam memberikan sirkulasi udara yang bagus bagi kehidupan. Rumah Sobat Honda dijamin tidak sumpek dengan keberadaan taman minimalis tersebut. 

Jadi desain taman minimalis seperti apa yang akhirnya Sobat Honda pilih? Semoga contoh-contoh di atas dapat menginspirasi Sobat Honda dalam menemukan desain terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

Ingat untuk melakukan perawatan berkala sehingga taman yang Sobat Honda buat tetap terlihat estetis, rapi, dan segar. Pastikan Sobat Honda sudah memiliki mesin potong rumput gendong berkualitas untuk membantu mempercepat proses pemotongan rumput liar yang tidak dibutuhkan. 

Mesin potong rumput gendong ini juga bisa digunakan untuk merapikan berbagai tanaman yang sudah tidak berbentuk. Jadi Sobat Honda bisa mempertahankan kerapian dan kesederhanaan bentuknya dengan mudah. 

Langsung saja pesan mesin potong rumput gendong di Honda Power Products sekarang!

Honda Power Products Indonesia

Honda Power Products menyediakan mesin serbaguna, generator, pemotong rumput, pemotong sikat, pompa air, dan mesin tempel.

Artikel Terkait

l.carousel.min.js">--> rap.min.js">-->