Apa Itu MCB pada Listrik: Jenis-jenis serta Fungsinya

24 December 2023

apa itu mcb pada listrik

Beberapa dari Sobat Honda pasti sudah tidak asing lagi dengan MCB, apa itu MCB? MCB sendiri merupakan jenis perangkat pemutus sirkuit yang berguna untuk melindungi sirkuit listrik dan peralatan dari berbagai masalah. Lalu, bagaimana dengan jenis dari MCB? Ada berapa jenis MCB dan apa saja fungsinya? Simak lebih dalam mengenai MCB beserta jenis dan fungsinya pada artikel di bawah ini. 

Dalam membangun sebuah bangunan, Sobat Honda pasti membutuhkan aliran listrik untuk menerangi bangunan dan membantu mengoptimalisasikan beberapa peralatan yang menggunakan beroperasi menggunakan listrik. MCB juga merupakan bagian penting dari aliran listrik yang tidak boleh ketinggalan untuk diketahui apa jenis serta fungsinya, agar Sobat Honda dapat memilih dengan lebih tepat sesuai dengan kebutuhan yang ada. 

Apa itu MCB pada Listrik?

MCB atau Miniature Circuit Breaker adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memutuskan aliran listrik secara otomatis ketika terjadi arus listrik yang berlebihan. MCB pada dasarnya adalah sebuah saklar yang dapat memutuskan aliran listrik secara otomatis ketika terjadi masalah pada aliran listrik.

MCB adalah salah satu bagian penting dalam sistem listrik yang membantu menjaga keamanan dan kinerja sirkuit listrik. Penting untuk memahami jenis MCB yang sesuai dan nilai arus nominal yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi instalasi listrik Sobat Honda. 

Baca Juga: Mengenal Penyebab AVR Genset Sering Rusak dan Cara Mencegahnya

Pentingnya MCB dalam Sistem Listrik 

MCB sangat penting dalam sistem listrik karena dapat melindungi peralatan listrik dari kerusakan akibat aliran arus listrik yang berlebihan. Dengan adanya MCB, peralatan listrik dapat bekerja dengan lebih aman dan terhindar dari kerusakan. Berikut merupakan beberapa hal yang harus Sobat Honda ketahui mengenai pentingnya MCB dalam sistem listrik. 

1. Mencegah kebakaran 

MCB berfungsi untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat aliran listrik yang berlebihan. Dengan adanya MCB, aliran listrik dapat diputuskan secara otomatis sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran akibat arus listrik yang berlebihan. 

Salah satu penyebab kebakaran yang umum adalah hubung singkat, yaitu ketika dua kabel listrik berkontak secara langsung. MCB akan segera memutus sirkuit jika terdeteksi hubung singkat, sehingga menghindari potensi kebakaran yang disebabkan oleh arus listrik berlebihan dan panas yang terlalu tinggi.

2. Memudahkan Perbaikan Listrik 

MCB juga memudahkan perbaikan listrik karena dapat memutuskan aliran listrik dengan cepat dan mudah. Dengan adanya MCB, teknisi listrik dapat melakukan perbaikan listrik dengan lebih aman dan mudah. 

MCB dapat digunakan untuk membantu mengidentifikasi masalah dalam sirkuit. Ketika MCB terpicu, MCB akan dapat menjadi petunjuk bahwa ada masalah dalam sirkuit, seperti hubung singkat atau arus lebih. Dengan memeriksa dan memecahkan masalah tersebut, perbaikan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

3. Mengurangi Downtime 

Memang benar jika MCB dapat membantu untuk mengurangi downtime pada aliran listrik, downtime sendiri merupakan waktu di mana aliran listrik terganggu atau dimatikan, dan ini dapat merugikan bisnis atau operasi yang mengandalkan pasokan listrik yang andal.

MCB bekerja untuk memutus sirkuit jika terdeteksi masalah seperti hubung singkat, arus lebih, atau beban lebih. Dalam situasi seperti ini, MCB akan segera mematikan sirkuit, yang mencegah kerusakan lebih lanjut pada peralatan listrik dan meminimalkan waktu downtime.

Baca Juga: Fungsi Kapasitor Genset, Cara Memilih, serta Merawatnya

Jenis-jenis MCB dalam Listrik 

Berikut ini merupakan jenis-jenis dari MCB yang perlu Sobat Honda ketahui terlebih dahulu. 

1. MCB Tunggal 

Jenis ini hanya memiliki satu kutub pemutus sirkuit dan digunakan untuk melindungi sirkuit tunggal atau perangkat tertentu. MCB Tunggal biasanya digunakan untuk melindungi peralatan listrik dengan daya listrik yang kecil. Ukuran MCB Tunggal biasanya berkisar antara 1 Ampere hingga 63 Ampere.

Kelebihan dari MCB Tunggal adalah ukurannya yang kecil sehingga dapat dipasang dengan mudah di dalam kotak instalasi listrik. Namun, kekurangan dari MCB Tunggal adalah hanya dapat melindungi satu peralatan listrik saja.

Contoh penggunaan MCB Tunggal adalah untuk melindungi peralatan listrik seperti lampu, kipas angin, dan peralatan listrik dengan daya listrik yang kecil.

2. MCB Ganda 

MCB ganda memiliki dua kutub pemutus sirkuit dan biasanya digunakan untuk melindungi sirkuit 2 fasa atau perangkat dengan dua jalur listrik. MCB ganda biasanya tersedia dalam berbagai ukuran arus nominal yang berbeda, seperti 10A, 16A, 20A, 32A, dan seterusnya. Sobat Honda perlu memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan berdasarkan beban listrik yang akan dilindungi. 

Pada contohnya, jika Sobat Honda memiliki beberapa peralatan berat dalam satu sirkuit, mungkin Sobat Honda akan memerlukan sirkuit ganda dengan arus nominal yang lebih tinggi. Selain arus nominal, MCB juga memiliki berbagai tipe karakteristik pemicu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik sirkuit.

Kelebihan dari MCB Ganda adalah dapat melindungi dua peralatan listrik sekaligus. Namun, kekurangan dari MCB Ganda adalah ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan MCB Tunggal sehingga membutuhkan ruang yang lebih besar di dalam kotak instalasi listrik

Contoh penggunaan MCB Ganda adalah untuk melindungi peralatan listrik seperti AC, pompa air, dan peralatan listrik dengan daya listrik yang lebih besar.

3. MCB Tiga Kutub atau Tiga Fasa 

Ini adalah MCB yang memiliki tiga kutub pemutus sirkuit dan digunakan untuk melindungi sirkuit tiga fasa. Setiap kutub ini dapat mengontrol aliran listrik pada satu fase dari sistem tiga fasa atau tiga jalur listrik.

MCB tiga kutub berfungsi untuk melindungi sirkuit dan peralatan dari arus lebih pada masing-masing fase. Ketika arus lebih dari batas yang ditentukan terdeteksi pada salah satu fase, MCB pada fase tersebut akan memutus sirkuit, mencegah kerusakan akibat arus berlebih.

Kelebihan dari MCB Tiga Kutub adalah dapat melindungi tiga peralatan listrik sekaligus. Namun, kekurangan dari MCB Tiga Kutub adalah ukurannya yang sangat besar sehingga membutuhkan ruang yang lebih besar di dalam kotak instalasi listrik.

Penggunaan dari MCB jenis ini bisa Sobat Honda lihat di mesin industri seperti genset dan peralatan listrik dengan daya listrik yang sangat luas. 

Baca Juga: 7 Penyebab Kapasitor Genset Sering Rusak

Fungsi dari MCB dalam Listrik 

Setelah Sobat Honda mengetahui beberapa hal penting serta jenis dari MCB, berikut ini adalah fungsi yang ada pada MCb itu sendiri. 

1. Perlindungan Arus Lebih (Overcurrent Protection) 

Fungsi perlindungan arus lebih (Overcurrent Protection) pada MCB (Miniature Circuit Breaker) adalah untuk melindungi sirkuit listrik dari arus yang melebihi kapasitas yang aman dari kabel dan peralatan yang terhubung dalam sirkuit tersebut. Ini termasuk perlindungan terhadap situasi seperti korsleting (short circuit) dan beban berlebih (overload).

2. Perlindungan Hubung Singkat (Short Circuit Protection) 

Perlindungan hubung singkat MCB bertujuan untuk melindungi kabel listrik dan peralatan yang terhubung dalam sirkuit. Tanpa perlindungan ini, korsleting dapat menyebabkan kabel meleleh atau terbakar, dan peralatan elektronik dapat rusak secara permanen.

3. Perlindungan Terhadap Beban Lebih (Overload Protection) 

Overload terjadi ketika sirkuit listrik menerima arus lebih besar dari kapasitas maksimum yang diizinkan selama periode waktu tertentu. Overload  bisa disebabkan oleh sirkuit yang dimuat dengan beban listrik yang melebihi kapasitasnya atau oleh peralatan yang rusak yang mengonsumsi lebih banyak daya dari yang seharusnya.

4. Kemudahan penggunaan

Salah satu kemudahan pada penggunaan yang disediakan oleh MCB adalah perlindungan otomatis terhadap overcurrent (beban berlebih) dan short circuit (hubung singkat) dalam sirkuit listrik. Artinya, Sobat Honda tidak perlu terus-menerus memeriksa atau mengganti sekring manual jika terjadi masalah dalam sirkuit. MCB akan secara otomatis membuka sirkuit saat terjadi gangguan dan Sobat Honda hanya perlu menekan tombol reset (jika ada) untuk mengembalikan aliran listrik setelah masalahnya diatasi.

Banyak bukan manfaat dan kemudahan yang diberikan MCB? Salah satunya ada pada jenis ketiga atau tiga fasa yang bisa Sobat Honda lihat pada penggunaan genset. Penggunaan genset yang sesuai dengan kebutuhan juga didukung dengan kualitas yang bagus akan membuat penggunaannya akan semakin lebih baik lagi. 

Maka dari itu, Sobat Honda tidak usah ragu untuk menjadikan Honda Power Products sebagai pilihan terbaik dalam menyediakan mesin genset dengan kualitas tinggi. Jika Sobat Honda masih ragu, tim Honda Power Products akan siap untuk membantu Sobat Honda dalam memilih mesin genset yang sesuai dengan keinginan juga kebutuhan Sobat Honda. 

Yuk, tidak perlu menunggu lebih lama lagi. Segera kunjungi dealer atau laman resmi Honda Power Products untuk mendapatkan mesin genset kualitas paling bagus sekarang juga! 

Honda Power Products Indonesia

Honda Power Products menyediakan mesin serbaguna, generator, pemotong rumput, pemotong sikat, pompa air, dan mesin tempel.

Artikel Terkait

l.carousel.min.js">--> rap.min.js">-->